Sabtu, 17 Maret 2012

Sebuah esai visual tentang dampak deforestasi di Indonesia seperti yang terlihat melalui mata seorang orangutan sekarat.


Hijau: Kematian Hutan
Sebuah esai visual tentang dampak deforestasi di Indonesia seperti yang terlihat melalui mata seorang orangutan sekarat.
Filmmaker: Patrick Rouxel
BERGABUNG DEBAT ATAS
Mengirim pandangan dan bergabung dengan komunitas Saksi
Ini esai visual yang luar biasa, mengatakan kepada manusia tanpa komentar sama sekali, mengeksplorasi dampak penggundulan hutan dan eksploitasi sumber daya alam di Indonesia dari sudut pandang seorang orangutan sekarat disebut Green.
Gambar yang menakjubkan dari dunia alam dan keanekaragaman hayati adalah kontra-runcing dengan adegan kehancuran dan kekejaman terhadap hewan yang dihasilkan.
Film ini mengajak penonton untuk perjalanan emosional, setelah hari-hari terakhir Green dan mengungkapkan dampak buruk dari penebangan, pembukaan lahan dan perkebunan kelapa sawit.
CATATAN: Film ini berisi adegan menjengkelkan termasuk kekejaman terhadap hewan.
Pembuat film pandanganOleh Patrick Rouxel
Pada tahun 1991, setelah putus sekolah kedokteran di Paris, saya membaca Sastra Perbandingan di Sorbonne. Kemudian saya menemukan pekerjaan buruk dibayar di sebuah perusahaan produksi untuk iklan televisi di mana saya menemukan efek khusus digital dan kemudian menjadi freelance pasca-produksi supervisor untuk film. Pada tahun 2002, saya memimpin sebuah kehidupan yang nyaman di Paris di mana saya tidak pernah keluar dari pekerjaan, tapi aku merasa bahwa ada sesuatu yang salah.
Pertengahan kehidupan krisis saya terbangun keinginan kekanak-kanakan untuk keluar dalam mengamati satwa liar. Saya membeli kamera (Sony PD 100) dan berangkat ke Indonesia selama tiga bulan untuk pengalaman pembuatan film pertama saya. Aku dikejutkan oleh luasnya kerusakan hutan saya melihat sekitar saya dan memutuskan untuk membuat film tentang konservasi.

Pembuat film Q & A
Dalam gambar: DeforestasiSetelah saya kembali ke rumah, saya belajar bagaimana menggunakan Final Cut Pro dan diedit Air mata film pertama saya dari Kayu, sebuah film 26-menit di hutan Indonesia dan kehancuran dari perspektif orangutan, besar laki-laki. Saya terus bekerja sebagai paruh waktu lepas pengawas digital efek khusus dan kembali ke Indonesia untuk membuat versi 52-menit dari film itu dan menyebutnya Kehilangan Besok.
Namun Masalahnya adalah bahwa film pribadi saya tidak mencapai khalayak luas karena penyiar menunjukkan bunga. Jadi untuk produksi ketiga saya, Hijau, saya memutuskan untuk membuatnya tersedia untuk download gratis di internet dan membuatnya bebas hak cipta untuk skrining publik. Hijau kemudian memenangkan penghargaan; ditayangkan di sekitar 10 saluran televisi, di-download setiap hari dan digunakan sebagai alat pendidikan di sekolah-sekolah dan universitas. Hijau adalah bukti bahwa sebuah film konservasi anggaran rendah buatan dapat menjangkau khalayak yang relatif luas. Tapi tentu saja, ini tidak selalu bekerja dengan baik.
Saya membiayai film saya sendiri dengan menjual rekaman baku untuk organisasi non-pemerintah (LSM) atau perusahaan produksi, menjual Hijau untuk stasiun TV, mengundang donasi online, bekerja sebagai juru kamera dan dengan memberikan ceramah di sekolah-sekolah dan lokakarya. Saat memotret, saya bepergian sendiri atau dengan seorang teman untuk merekam suara. Saya membawa kamera kecil (sekarang HXA1 Canon) dan tripod. Saya kemudian melakukan editing pada laptop saya dan mendapatkan teman untuk membantu saya dengan produksi pasca. Untungnya, fakta bahwa saya membuat film "untuk tujuan baik" tanpa kepentingan komersial menarik bantuan profesional gratis.
Kisah di balik Hijau
Ketika saya berangkat untuk membuat Green, aku tahu aku ingin melakukan film lain pada deforestasi di Indonesia dan nasib orangutan, tapi aku tidak cerita tertentu dalam pikiran. Aku punya no script. Di Indonesia, teman saya (seorang guru gitar yang menyusun musik untuk film-film saya) dan saya menghabiskan tiga minggu di taman nasional di Sumatra. Saya memfilmkan semua yang saya ditemukan indah di hutan, sementara ia melakukan rekaman suara.
Setelah ia kembali ke rumah saya terus saja ke tempat perlindungan orangutan di Kalimantan Tengah. Di sana, di klinik, saya datang di sebuah orangutan berbaring telentang, di tempat tidur dengan handuk sebagai selimut, sebuah "Hello Kitty" bantal di bawah kepalanya dan tubing intravena ditempel di kaki kirinya.Pemandangan itu mengejutkan saya, dia tampak begitu manusia.
Saya diberitahu dia datang dari alam (sebagai lawan penangkaran), dan bahwa ia telah diselamatkan beberapa hari sebelumnya dari sebuah perkebunan kelapa sawit di mana para pekerja telah menangkap dia di situs. Dokter hewan mengatakan orangutan telah mengalami perdarahan intraserebral, yang telah meninggalkannya lumpuh sebagian miring ke kiri. Itulah alasan mengapa dia berbaring telentang ia tidak mampu bangun. Staf klinik meneleponnya Sandra.
Saya menghabiskan tiga minggu berikutnya di samping tempat tidur Sandra, dengan kamera saya. Saat hari-hari berlalu, saya mulai berpikir bahwa dia bisa menjadi tokoh sentral dari film baru saya, tapi sayangnya tak banyak yang terjadi di kamarnya.Kondisinya stabil dan dia hampir tidak pernah pindah. Tak banyak cerita yang akan diceritakan. Namun, dia memiliki semua ekspresi yang luar biasa dan aku sadar bahwa cerita dapat bahwa dari apa yang terjadi dalam pikirannya. Tentu saja, saya tidak punya cara untuk mengetahui apa dia bisa merasa dan berpikir, tapi aku bisa bayangkan, saya bisa menebusnya.
Kadang-kadang dia terlihat santai seolah-olah memikirkan sesuatu damai (seperti hutan), kadang-kadang dia stres, seperti ketika ia mendengar tukang kebun memotong rumput. Mungkin suara mesin gergaji mengingatkannya. Aku segera melihat bagaimana, melalui ekspresi dan sudut pandangnya, aku bisa menceritakan kisah tiga industri utama menghancurkan hutan tropis Indonesia.
Ketika aku merasa aku harus rekaman cukup Sandra, aku berangkat ke film apa yang kurang. Saya kembali ke Paris beberapa bulan kemudian dan mulai mengedit. Dengan rekaman saya, saya bisa datang dengan cerita sederhana di sekitar Sandra: berbaring di ranjang rumah sakit, dia akan ingat bagaimana hal itu di hutan dengan bayinya, bagaimana gergaji dan api menghancurkan rumahnya, bagaimana ia berakhir di pohon terakhir masih berdiri dan bagaimana ia dibawa ke sebuah rumah sakit di mana ia memungkinkan dirinya untuk mati kesedihan karena ia telah kehilangan segalanya.
Kematian seekor orangutan
Juga sementara di Indonesia, saya membantu menyelamatkan orangutan lemah dan dehidrasi perempuan muda dari sebuah perkebunan kelapa sawit yang meninggal dalam pelukanku dalam perjalanan ke klinik. Dia berhenti bernapas ketika saya sendirian dengan dia. Dokter hewan dan sopir telah pergi untuk makan malam cepat, tapi aku tinggal di mobil memeluknya seperti bayi dalam pelukan saya dan berbisik kepadanya dengan lembut bahwa ia harus kuat, semua yang terjadi baik-baik saja, bahwa tidak ada yang menyakitinya lagi. Di dalam mobil, semua tenang dan damai.Aku bisa merasakan napasnya di perutku. Seorang malaikat berlalu dan pernapasan berhenti. Dia pergi dengan satu detak jantung lembut lalu. Aku menangis dan merasa sangat kasihan padanya. Hal kecil yang malang itu mungkin telah melihat ibunya ditembak di depan mata sendiri, telah dikurung dalam kotak kayu di perkebunan di mana kita menemukannya, dan telah ditinggalkan di sana sendirian, takut, dingin, lapar dan haus selama berhari-hari atau minggu mungkin .
Dan dia hanya satu dari 5.000 orangutan diperkirakan bahwa meninggal setiap tahun akibat deforestasi. Kepunahan orangutan yang terjadi di sini, di tangan saya! Dengan Green, aku ingin membuat orang merasa apa yang saya rasakan. Rasakan rasa sakit dan rasa bersalah. Aku ingin setiap penampil untuk menghargai bagian nya sendiri tanggung jawab dan memilih untuk bertindak sesuai: berhenti mengkonsumsi produk yang terbuat dari perusakan hutan. Itu sebabnya saya memutuskan untuk memiliki Sandra mati di akhir film. Aku tidak mampu untuk mengambil risiko memiliki orang berpikir "Oh, dia tinggal di, itu bukan yang buruk, ia hanya perlu menjadi lebih baik dan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Saya dapat melanjutkan hal-hal memakan jalan saya ingin ".
Saat mengedit Hijau, ketakutan terbesar saya adalah bahwa orang tidak akan "membeli" cerita saya buat di sekitar Sandra. Siapa pun yang bekerja sama dengan orangutan akan dapat melihat bahwa orangutan di tembakan pembuka dan semua yang di alam liar, di hutan terdegradasi atau di perkebunan kelapa sawit, semua berbeda satu sama lain, dan dari Sandra. Untungnya, rata-rata pemirsa tidak benar-benar menangkap ini dan sejalan dengan cerita. Dan mereka yang berbagi kepekaan saya benar-benar tidak merasakan rasa sakit dan rasa bersalah.
Dampak yang signifikan
Saya tahu bahwa dampak dari film tersebut tidak signifikan mengenai gambaran global. Saya tahu bahwa keserakahan manusia dan ketidakpedulian akhirnya akan menghancurkan semua hutan di Indonesia, tapi aku masih lebih memilih untuk melawan dan menahan daripada melakukan apa-apa. Saya tidak menempatkan setiap gambar orang Dayak lokal di urutan sifat film tersebut karena urutan ini merujuk ke hutan saat ini, yang mana orangutan dan satwa liar lainnya yang saat ini sedang dihapus untuk memberikan ruang bagi perkebunan kelapa sawit.
Hari ini di Kalimantan, hampir tidak ada hutan yang tersisa dengan kedua orang Dayak dan orangutan masih tinggal di dalamnya.Biasanya, di mana ada orang Dayak semua orangutan akan lama ditembak dan dimakan. Hal ini sebagian besar di patch hutan di mana ada pemburu Dayak lagi bahwa kita masih dapat menemukan orangutan.
Adapun kredit berakhir, aku tidak menaruh nama LSM lingkungan yang besar karena pada saat pembuatan film, saya tidak menyadari betapa politik, menipu dan kontra-produktif banyak dari mereka. Saya baru saja menyadari hal ini dengan Fabrice Nicolino di buku Qui sebuah tue l'écologie? (Siapa yang membunuh ekologi?). Saya juga berharap LSM ini akan menggunakan film sebagai alat kampanye, tapi saya tidak berpikir banyak lakukan.
Saya tidak menganggap Hijau atau salah satu film saya yang lain sebagai dokumenter. Saya melihat mereka sebagai film puitis atau sesuatu yang setara dengan puisi dalam sastra. Dokumenter menuntut ketegasan bahwa saya tidak mengikuti. Kekakuan satunya adalah untuk tidak pernah memiliki "mise en scene" atau menggunakan efek khusus selain membersihkan atau menstabilkan tembakan. Tapi aku membiarkan diriku yang "contekan" aneh seperti ketika dokter hewan dalam film tersebut mengatakan Hijau.Tentu saja dalam kumbuh saya, dokter hewan sebenarnya kata Sandra. Aku membiarkan diriku ini, karena memiliki dokter hewan mengatakan Hijau tampak bagi saya sebagai cara halus untuk membuat penonton memahami bahwa nama orangutan adalah Green. Dan aku yakin yang memiliki aku menelepon Sandra film, itu tidak akan mendapatkan setengah dari penghargaan hal itu. Hijau tampaknya saya nama terbaik untuk orangutan sekarat, serta judul film.
PS: Terakhir kudengar dari Sandra, dia masih hidup tapi tetap setengah lumpuh di sebuah kandang kecil di tempat perlindungan.Para manajer telah meminta izin resmi untuk euthanise nya. Ini ditolak. Saya diberitahu bahwa pemerintah Indonesia tidak pernah mengizinkan eutanasia orangutan. Saya kira ini adalah karena statistik yang cukup buruk seperti itu.
Klik di sini untuk lebih dari blog pembuat film itu.
Klik di sini untuk mengunjungi situs web film.
Pendapat yang dinyatakan dalam artikel ini adalah penulis sendiri dan tidak mencerminkan kebijakan editorial Al Jazeera.
sumber: http://www.aljazeera.com/programmes/witness/2012/03/201231483446653151.html
gambar: orangutanOrangutan terbesar di dunia arboreal (penghuni pohon) mamalia kebanyakan ditemukan di Asia Tenggara pulau Kalimantan dan Sumatra, di Indonesia dan Malaysia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar